Sikerja: Pengertian, Tujuan dan Alur Pembuatan SKP Pegawai

Sistem kerja digital terintegasi atau Integrated Digital Work (IDW) merupakan sistem yang ditekankan oleh pemerintah Jokowi agar kerja ASN lebih fleksibel dan mudah terkontrol. Oleh sebab itu Kemendagri meluncurkan Aplikasi Sikerja untuk pegawai di kementerian.

Aplikasi Sikerja

Kita perlu mengapresiasi pemerintah Indonesia yang berupaya peningkatan kompetensi dan kualitas kerja dengan melakukan terobosan, inovasi dan reformasi birokrasi demi terwujudnya negara yang sesuai amanat undang-undang. Untuk saat ini yang diketahui penulis yang telah resmi menggunakan aplikasi tersebut Kemendagri dan Kota Bekasi, Ristekdikti, Sumbarprov, dan pemerintah lain dengan aplikasi nama yang beda.

Apa itu Sikerja


Sikerja merupakan sistem aplikasi bernasis web yang mulanya digunakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang digunakan sebegai media Penilaian dan Pengukuran Kinerja Aparatur Sipil Negara (PPKASN) atau SKP dengan berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja

Tujuan aplikasi sikerja


  • Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Mengukurprestasi setiap ASN dan sebagai acuan pemberian Gaji Pegawai sesuai kinerja masing-masing
  • Meningkatkan semangat kerja bagi aparatur pemerintah
  • Terciptanya Kompetisi sehat dalam berkerja

Dasar Hukum dari Sikerja: Permendagri nomor 4 tahun 2005 dan Permendagri Nomor 12 Tahun 2005 tentang ABK

Sasaran Sikerja


1. Administrator


Administrator adalah pengguna (user) yang memiliki hak akses pada aplikasi tersebut untuk mengelola dan memastikan sistem Sikerja berjalan dengan baik.

2. Pegawai


Pegawai pada aplikasi berbasis web ini adalah pengguna yang memiliki otoritas untuk menggunakan sebagai acuan dalam menjalankan tugas yang diberikan atasan / Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Setiap ASN diwajibkan mengikuti intruksi yang telah tercantum diaplikasi seperti melakukan perencanaan, merealisasikan hingga membuat laporan secara online.

3. Operator OPD


Operator OPD adalah Pejabat Penilai yang memiliki otoritas untuk melakukan "review" terhadap realiasasi tugas atau SKP ASN (Pegawai) yang berada di bawahnya.

Alur pembuatan SKP Sikerja


  1. Administrator mengisi (Input) Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Kedalam sistem Aplikasi.
  2. Pejabat Penilai memberikan otorisasi SKP atau mengesahkan dari Administrator sebagai acuan pengisian Sikerja kepada setiap Aperatur Sipil Negara (Pegawai).
  3. Pegawai melaporkan hasil realisasi pekerjaannya pada atasan dengan mengisi pada sistem sikerja.
  4. Pejabat Penilai melakukan review sebelum memberikan penilaian terhadap realisasi tugas pegawai yang telah diinput.
  5. Pejabat Penilai melaporkan hasil penilaian kinerja pegawai yang berdangkutan.

Itulah ulasan tentang Sikerja: Pengertian, Tujuan dan Alur Pembuatan SKP Pegawai yang bisa kami sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Belum ada Komentar untuk "Sikerja: Pengertian, Tujuan dan Alur Pembuatan SKP Pegawai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel