Featured Post

Penjelasan lengkap Koperasi alfamart (Kopkar)

1 comment

Koperasi Alfamart  Karyawan(Kopkar)

Logo Koperasi karyawan Alfamart. Sumber : http://intrernet.alfamartku.com/koperasi/public/login
Semua koperasi, dalam hal ini khususnya koperasi Alfamart memiliki keistimewaan tersendiri yaitu mempunyai simpanan dana untuk anggota karyawan Alfamart. Simpanan setiap anggota koperasi karyawan alfamart  (Kopkar) terdiri atas :
  • Simpanan pokok koperasi bagi karyawan Alfamart berbentuk dana dengan nominal tertentu yang ditarik dari semua anggota dan pembayarannya hanya cukup satu kali selama  aktif menjadi anggota.
  • Simpanan wajib koperasi karyawan Alfamart yaitu berbentuk 'dana wajib' yang harus dibayar dimana dana tersebut dikumpulkan dari setiap anggota dan waktu pembayarannya setiap bulan sesuai dengan jumlah nonimal yang sudah ditentukan oleh pihak koperasi.
  • Simpanan sukarela koperasi karyawan Alfamart adalah dana simpanan yang berbentuk secara sukarela dari anggota dan waktunya tidak ditentukan.


Pencairan Koperasi Karyawan (Kopkar) Alfamart dibagi menjadi 3 periode :

Tanggal Pencairan Pinjaman Alfamart


  1. Input tanggal 01 (satu) sampai tanggal 10 (sepuluh) maka akan cair pada tanggal 25
  2. Contoh: Input tanggal 01-10 Januari 2018, Pencairan di tanggal 25 Januari 2018
  3. Input tanggal 11 sampai tanggal 20 Cair di tanggal 05
  4. Contoh: Input tanggal 11-20 Januari 2018,  Pencairan di tanggal 05 Februari 2018
  5. Input tanggal 21 sampai tanggal 31 Cair di tanggal 15
  6. Contoh: Input tanggal 21-31 Januari 2018 Pencairan di tanggal 15 Februari 2018


Pinjaman koperasi Alfamart (Kopkar khusus karyawan Alfamart), berikut syarat dan ketentuannya :

  1. Anggota bisa melakukan peminjaman uang setelah terdaftar menjadi anggota koperasi karyawan Alfamart dengan minimal masa keanggotaan selama 6 (enam) bulan.
  2. Anggota wajib sebelumnya tidak memiliki tanggungan hutang di koperasi alfamart
  3. Aggota terlebih dahulu disetujui sesuai dengan ketentuan dari direksi yang sudah ditentukan,
  4. Besarnya nonimal yang bisa dipinjam yaitu 3 (tiga) kali dari jumlah total peminjaman.
  5. Wajib melakukan pembayaran dalam jangka waktu tenor pinjaman 24 bulan.
  6. Terkait bunga pinjaman tentunya lebih rendah dibandingkan dengan bunga pinjaman di bank. Selain itu diatur dengan peraturan / ketentuan yang berbeda dan terpisah.
  7. Dana pinjaman akan diproses sesuai dengan struktur yang telah ditetapkan oleh pihak koperasi tersebut.
  8. Nilai simpanan sukarela dan cicilan angsurannya (jika meminjam) tidak boleh melebihi 30% dari gaji/penghasilan yang diperoleh oleh anggota koperasi karyawan (Kopkar) alfamart.
  9. Pinjaman yang telah disetujui akan dicairkan langsung ke rekening bank tujuan dalam hal ini adalah  karyawan yang  bersangkutan.
  10. Pejabat koperasi Alfamart yang membidanginya berhak menyetujui atau menolak sebagian ataupun keseluruhan nominal pinjaman yang diajukan.
  11. Pembayaran (angsuran) pinjaman anggota dilakukan dengan cara 'pemotongan gaji' melalui payroll.
  12. Bagi anggota yang masih memiliki tunggakan akan tetapi berhenti dari koperasi, maka  anggota tersebht wajib melunasi  seluruhnya.
  13. Anggota tidak diperkenankan menarik simpanannya dan mengajukan pinjaman kembali selama pinjaman yang sebelumnya lunas atau masih memiliki tunggakan hutang.
  14. Anggota koperasi karyawan Alfamart berhak mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibayarkan selama satu kali di bulan Maret atau April atau setelah terlaksananya rapat anggota koperasi tahunan yang besarannya berdasarkan masa keanggotaan dan keaktifan aktifitas simpan pinjam.
  15. Link intranet menuju situs 'koperasi karyawan Alfamart' adalah http://intranet.alfamartku.com/koperasi/public/login untuk dibuka melalui browser chrome di hp/pc/tablet (khusus karyawan Alfamart).
  16. Link intranet tersebut menuju situs human capital Alfamart http://hc.alfamartku.com/humancapital/public/ untuk dibuka melalui browser chrome di hp/pc/tablet (khusus karyawan Alfamart yang mau melihat profil individu, mengajukan cuti secara online dan sebagainya).

Berlaku juga untuk karyawan Alfamidi, Dan+Dan & Lawson.

Saat ini situs http://intranet.alfamartku.com/koperasi/public/login untuk sementara tidak bisa diakses melalui mobile (smartphone), PC/Desktop, tablet.

Kredit Barang di Koperasi Karyawan (Kopkar) Alfamart 

Koperasi karyawan (Kopkar) Alfamart, selain unit usaha koperasi simpan pinjam, juga menyediakan fasilitas kredit barang untuk anggotanya (khusus karyawan Alfamart). Kredit barang yang tersedia di Alfamart antara lain :
  1. Produk elektronik seperti kredit smartphone, televisi, speaker active, kulkas, mesin cuci, air conditioner (AC), laptop, dll.
  2. Produk otomotif seperti kredit sepeda dan sepeda motor; Kredit mobil belum tersedia.
Baca juga human capital alfamart mungkin artikel tersebut sangat membantu buat kalian anggota karyawan alfamart.

Kelebihan koperasi karyawan Alfamart (Kopkar)


Setiap anggota dalam semua koperasi tentu mempunya kelebihan tersendiri termasuk menjadi anggota koperasi karyawan Alfamart (kopkar). Kopkar Alfamart tidak jauh beda dengan koperasi karyawan pada umumnya yang memiliki tujuan dan memberikan banyak manfaat pada para anggotanya.

Apa saja manfaat anggota koperasi alfamart?


Koperasi karyawan alfamart banyak manfaat yang sanggup bisa didapatkan oleh anggota, setidaknya ada beberap manfaat yang paling pokok dengan menjadi salah satu anggota dari KOPKAR.


  1. Dapat melatih diri dalam belajar ber-usaha,   berdekokrasi dan praktek langsung berdemokrasi dengan anggota yang lain.
  2. Setidaknya memiliki jiwa peduli terhadap sesama dalam membantu anggota lain (secara tidak langsung). Kenapa bisa demikain? Karena koperasi alfamart merupakan tempat simpan pinjam uang, dimana sudah barang tentu bermanfaat untuk anggota lain.
  3. Selain itu keuntungan menjadi bagian dari anggota koperasi alfamart ini adalah bisa mendapatkan keuntungan materi dan non materi seperti contoh diatas yang telah disebutkan.


Bank syariah mandiri biaya pembelian rumah karyawan  koperasi Alfamart


Bank Syariah Mandiri (BSM) bermitra dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) koperasi karyawan (Kopkar) untuk mendistribusikan pembiayaan perumahan kepada karyawan perusahaan. Hal itu ditegaskan dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Wakil Presiden Eksekutif Senior (SEVP) Bank Syariah Mandiri (BSM) Edwin Dwidjajanto dan Chief Operating Officer dan Ketua Alfaria Kopkar, Midi Mahruf, Selasa (14/10).

Dalam kolaborasi ini, BSM memfasilitasi pembiayaan rumah bisnis BSM Griya untuk karyawan tetap di Alfaria. Kopkar dari PT SAT bertindak sebagai agen pemasaran. Alfaria memiliki sekitar 5.000 outlet di seluruh Indonesia. Jumlah karyawan mencapai 95 ribu dan sekitar 60 ribu telah menjadi anggota Kopkar. Potensi awal untuk pembiayaan rumah dari kolaborasi ini adalah sekitar Rp 20 miliar.

Sebagaimana dlansir kontan Edwin mengungkapkan bahwa BSM memberikan harga yang kompetitif kepada anggota Koperasi Alfamart "Selain itu, skema pembayaran Syariah yang dibayarkan oleh pelanggan tidak berubah selama periode pendanaan," kata Edwin.

BSM juga membebaskan biaya pembayaran yang dipercepat dan biaya penilaian sebagaimana dibebankan pada bank-bank komersial. Lebih lanjut Edwin menjelaskan bahwa fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh BSM kepada karyawan Alfamart berkisar dari kepemilikan rumah baru, rumah kedua, renovasi rumah, apartemen baru dan lainnya, pengambil alihan dan tanah siap bangun. Periode pendanaan adalah 1 hingga 15 tahun.
Ois Chanel
Konten writer yang aktif di balbol dan ingin terus menambah ilmu
Newest Older

Related Posts

1 comment

  1. Koperasi alfamart memang terdepan bagus banget

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter