Pelatih dan Gelandang #Persib Mendapatkan Sanksi Denda Rp. 50 Juta dan Rp. 75 Juta

Pelatih Persib, Mario Gomez. Foto : Persib.co.id
Gelandang Persib Bandung asal Korea Selatan, Inkyun-Oh pun, mendapat "giliran" dijatuhi denda sebesar Rp. 75 juta oleh Komdis PSSI.

Sanksi untuk gelandang Persib itu berdasarkan surat keputusan Komdis dengan nomor 175/SK/KD-PSSI/XI/2018, tertanggal 2 November 2018, dengan dakwaan Inkyun terbukti melakukan pelanggaran karena dianggap telah berlaku tidak baik terhadap wasit saat laga menghadapi PSM Makassar, 24 Oktober 2018 lalu.

"Merujuk kepada pasal 59 ayat (1) Kode Disiplin PSSI, Sdr. Oh Inkyun dihukum denda sebesar Rp. 75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiqlah) karena telah terjadi pelanggaran terhadap pasal 59 ayat (1) Kode Disiplin PSSI," bunyi surat yang ditandatangani oleh Ketua Komdis, Asep Edwin Firdaus.

Dalam surat tersebut juga disebutkan Inkyun berpotensi dijatuhi sanksi lebih berat apabila mengulang kembali perilaku tidak terpuji kepada wasit. Merujuk Pasal 119 Kode Disiplin PSSI, Persib masih bisa melakukan banding atas keputusan tersebut.

Tidak hanya sanksi untuk gelandang Persib, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kembali menjatuhkan sanksi kepada pelatih Mario Gomez berupa denda sebesar Rp. 50 juta.

Berdasarkan surat keputusan Komdis bernomor 176/L1/SK/KD-PSSI/XI/2018, tentang Kasus Pelanggaran Disiplin, tertanggal 2 November 2018, Gomez dianggap melakukan pelanggaran disiplin, yakni protes keras terhadap wasit saat laga menghadapi PSM Makassar pada 24 Oktober lalu.

"Merujuk kepada pasal 59 ayat (1) Kode Disiplin PSSI, Sdr. Mario Gomez dihukum denda sebesar Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) karena telah terjadi pelanggaran terhadap pasal 5 ayat (1) Kode Disiplin PSSI," tulis surat bertandatangan Ketua Komdis, Asep Edwin Firdaus.

Dalam surat tersebut juga dijelaskan jika Gomez bisa saja mendapatkan sanksi lebih berat apabila kembali mengulangi hal tersebut. Namun, sesuai dengan Pasal 119 Kode Disiplin PSSI, Persib masih bisa melakukan banding atas keputusan tersebut.

Menyikapi sanksi tersebut, Pelatih Persib, Mario Gomez menginstruksikan para pemain agar lebih berhati-hati terhadap hukuman kartu di lima laga tersisa ini. Gomez mengaku tidak mau kembali kehilangan pemain jelang beberapa pertandingan krusial yang menentukan posisi di klasemen akhir. 

Menurut abah Gomez, akumulasi kartu berpotensi merugikan timnya yang tengah mengincar gelar juara kompetisi Go-Jek Liga 1 2018. 

"Ya, tentu kami tidak mau ada pemain yang terkena kartu kuning, apalagi kartu merah. Untuk beberapa pertandingan ke depan, saya sudah berbicara agar tidak melakukan sesuatu yang terlalu keras," kata Gomez, Selasa 6 November 2018. 

Meski begitu, pelatih berkebangsaan Argentina ini tetap meminta para pemain untuk menampilkan kemampuan terbaik di lima laga tersisa ke depan. 

"Semua harus fight dan fokus mengincar kemenangan di setiap pertandingan. Kunci untuk menjadi juara adalah jangan kalah di setiap pertandingannya," tegas pelatih berusia 61 tahun tersebut.

0 Response to "Pelatih dan Gelandang #Persib Mendapatkan Sanksi Denda Rp. 50 Juta dan Rp. 75 Juta"

Post a Comment