Mau Membantu Korban Bencana? Salurkan Donasi Melalui Lembaga Terpercaya

Mau Membantu Korban Bencana? Salurkan Donasi Melalui Lembaga Terpercaya

Saat bencana alam terjadi dan menimbulkan banyak korban, harus kemana kita memberi bantuan/sumbangan?  Bagaimana memilih lembaga donasi yang amanah (akuntabel)? Pertama-tama kita harus mengetahui profil lembaga donasi tersebut. Paling mudah, lembaga pengumpul dana sosial resmi memiliki surat keterangan serta nomor izin dari Kemensos. Selain itu, mencantumkan apa nama dan bentuk program kemanusiaannya.
Selain itu bisa mencari tahu dengan mengakses situs lembaga tersebut, sekaligus menilai profil lembaga donasi dari strukturnya, siapa saja orang-orang yang ada dalam lembaga tersebut. Perhatikan kiprah lembaga tersebut selama ini. Misalnya saja sejauh mana respons dan reaksinya begitu bencana melanda. Strategi-strategi apa saja yang dilakukan dalam menghadapi bencana. Mulai dari penggalangan dana, penyaluran bantuan, dan aksi-aksi nyata saat di lokasi bencana.
Lembaga donasi juga harus memiliki pusat komunikasi (call center) serta satu rekening atas nama lembaga tersebut dan bukan atas nama pribadi. Sebagai donatur, kita berhak tahu kepada siapa saja bantuan itu disalurkan. Berapa jumlahnya, dan digunakan untuk apa saja dana tersebut. Lembaga profesional selalu memberikan laporan secara terbuka ke publik (transparansi) sebagai bentuk pertanggung jawaban. Laporan itu berisi berapa biaya pengelolaan bantuan, dan berapa akhirnya yang sampai pada penerima.
Lembaga penyalur bantuan yang sangat direkomendasikan adalah lembaga yang tetap memberi bantuan dalam jangka panjang di lokasi bencana. Misalnya saja dalam bentuk memberikan pendidikan kepada anak-anak di lokasi bencana, ada program healing therapy, sampai pembangunan kembali lokasi bencana.
Berikut adalah beberapa lembaga kredibel yang sudah berpengalaman menyalurkan bantuan kemanusiaan :
http://pundiamalsctv.com salah satu lembaga sosial tv swasta

Tim Relawan HILMI-FPI saat mengevakuasi jenazah dari reruntuhan.


Hilal Merah Indonesia (Hilmi) adalah organisasi kemanusiaan di bawah naungan langsung DPP FPI (Front Pembela Islam) yang membantu masyarakat yang mengalami bencana alam, korban kecelakaan, korban perang dan tragedi kemanusiaannya lainnya
.

Tim NU Peduli bersama warga dirikan tenda

NU CARE–LAZISNU merupakan rebranding dari Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang berdiri pada tahun 2004.

Aksi Cepat Tanggap adalah organisasi nirlaba profesional yang memfokuskan kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan bencana mulai fase darurat sampai dengan fase pemulihan paska bencana. 

Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

Sebenarnya masih ada lembaga-lembaga sosial kredibel lainnya seperti MDMC LazisMu (Muhammadiyah), Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, MER-C, Dll. Lembaga penyalur bantuan dari media sosial, media massa, sampai dari partai politik juga ada.

0 Response to "Mau Membantu Korban Bencana? Salurkan Donasi Melalui Lembaga Terpercaya"

Post a Comment