Jepang U19 Siap Hadapi 12 Pemain Indonesia U19 Malam Ini

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Jepang dalam babak perempat final Piala Asia U-19 2018 pada hari Minggu (28/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.  Rencananya, pertandingan itu akan dimulai jam 19.00 WIB. Pasukan Indra Sjafri wajib memenangi laga demi melaju ke semifinal sekaligus meraih tiket lolos otomatis ke Piala Dunia U-20 2020 di Polandia.

Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final Piala AFC 2018 dengan status runner-up Grup A dengan raihan enam poin hasil dua kemenangan dan sekali kalah. Adapun Jepang mencatatkan poin sempurna yakni sembilan berkat tiga kemenangan sekaligus menjadi juara Grup B.
Pelatih Timnas Sepakbola Jepang U19 dan Pelatih Timnas Sepakbola Indonesia U19. Foto : AFC

Tiket Dijual 100% Online

PSSI tidak membuka loket penjualan tiket, baik di Garuda Store Belezza Permata Hijau atau di lapangan Blok S.

Di Piala Asia U-19 tahun ini, untuk kali pertamanya suporter Indonesia bisa membeli tiket dengan memilih nomor tempat duduk di GBK.

Harga Tiket Babak Perempat Final Piala AFC U-19 2018
Gelora Bung Karno, Jakarta
VIP Barat: 800.000 VIP Timur: 600.000
Kategori 1: 300.000
Kategori 2 (Utara/Selatan): 150.000
Kategori 3 (Tribun Atas): 75.000

Patriot Chandrabhaga, Bekasi
VIP: 200.000
Kategori 1: 100.000
Kategori 2: 75.000

Pelatih Jepang Mewaspadai Witan Sulaiman

Pelatih Jepang U-19, Masanaga Kageyama, sadar kalau anak asuhnya harus mewaspadai Witan Sulaeman. Namun, pihaknya tak akan terpaku pada satu pemain saja.

Kendati baru berusaia 17 tahun, permainan Witan memang cukup agresif. Dia sejauh ini sukses mengemas tiga gol, termasuk gol ke gawang Uni Emirat Arab (UEA) yang membawa Indonesia lolos ke perempat final.
Witan Sulaiman.
Penampilan pemain kelahiran Palu tersebut diharapkan tetap konsisten, terutama pada perempat final. Witan tentu saja akan kembali menjadi andalan Indra Sjafri.

"Witan memiliki kualitas, kekuatan, kecepatan. Jadi kami fokus untuk melawan Timnas U-19 Indonesia," ungkap Kageyama.

Kageyama ingin anak asuhnya bisa bermain sabar. Dia juga menyimpan strategi  khusus andai Indonesia bermain bertahan.

Pelatih Timnas Jepang U-19, Masanaga Kageyama, menilai Timnas Indonesia U-19 sudah lebih berkembang dari segi mental. Masanaga menganggap skuat Indra Sjafri tersebut memiliki semangat juang yang kuat saat ini.

Masanaga mengatakan hal itu karena tim asuhannya pernah mengalahkan Timnas Indonesia U-19 dengan skor 4-1 pada laga persahabatan, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 25 Maret 2018.

Masanaga menilai sejak itu Garuda Nusantara sudah banyak berbenah. Sang pelatih pun waspada karena menganggap Timnas Indonesia U-19 adalah lawan yang tangguh.

"Perbedaan ada di pelatih. Saya katakan kami pernah merasakan melawan Indonesia. Perbedaannya adalah mereka lebih percaya diri untuk menang," kata Kageyama dalam konferensi pers sebelum pertandingan perempat final Piala AFC U-19 2018, Sabtu (27/10/2018).

"Kalian bisa melihat ketika melawan Qatar. Indonesia bisa mengejar keunggulan lawan 1-6 menjadi 5-6. Juga melawan UEA mereka menang 1-0, meski bermain dengan 10 pemain. Saya sudah tidak sabar untuk menghadapi mereka," tutur Kageyama.

Timnas U-19 mesti waspada dengan Jepang karena mereka menjadi tim paling produktif di turnamen ini dengan sudah mencetak 13 gol. Tiga laga di fase grup dapat dimenangi oleh Jepang dengan skor telak.

Kelima pemain depan yang dibawa oleh pelatih Masanaga Kageyama pun sudah mencetak gol semua di ajang ini.

Koki Saito sudah mencetak tiga gol, Taichi Hara dan Taisei Miyashiro dengan dua gol, lalu Takefusa Kubo dan Kyosuke Tagawa dengan masing-masing satu gol.

"Mereka semua tampil sangat baik sehingga sulit bagi kami untuk memutuskan siapa yang memulai pertandingan. Ini adalah hal yang luar biasa bahwa setiap orang mempertahankan motivasi tingkat tinggi, sambil tetap dalam kondisi bagus di depan setiap pertandingan," ujar sang pelatih Kageyama dalam situs resmi JFA.

"Mereka sangat menyadari karakter pertahanan Irak dan membuat tindakan sesuai dengan aliran pertandingan, terutama Tagawa dan Hara. Belum lagi, itu bukan hanya mereka, tetapi para pemain yang menciptakan peluang juga berada di puncak situasi. Kombinasi di antara para pemain telah meningkat selama pertandingan," lanjutnya.

Sang pelatih mengatakan dirinya sudah mengenal karakter para pemain yang sudah dilatihnya sejak tim U-18.

"Saya telah melatih para pemain ini sejak kategori U-18, jadi saya sangat menyadari kemampuan mereka. Sekarang mereka bermain sebagai profesional, mereka mungkin diminta untuk bermain di posisi yang berbeda tergantung pada strategi tim mereka, tetapi mereka tidak memiliki masalah bermain di posisi yang diberikan," ujarnya.

Timnas U-19 Jepang punya skuat yang fresh untuk laga perempat final Piala Asia U-19 2018.

Hal ini terjadi karena pada laga ketiga babak grup kontra Iran, timnas U-19 Jepang mengistirahatkan sebagian besar pemain utama mereka.

Dua kemenangan pada dua laga sebelumnya membuat Jepang sudah pasti jadi juara grup bahkan sebelum laga ketiga digelar.

Jepang U-19 siap hadapi Pemain ke 12 Indonesia

"Tim kami akan menghadapi tekanan yang berbeda, atmosfer di sini sangat bagus dan saya menantikan atmosfer seperti itu, kami menantinya. Kami harus menikmati bermain sepakbola dalam atmosfer seperti ini," tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, diperkirakan sudah 55 ribu tiket yang terjual secara daring (online) dan hal itu sama sekali tak membuat Kageyama khawatir bahwa tekanan untuk pasukan Samurai Muda akan sangat tinggi.

"Saya paham kapasitas dari stadion ini [GBK], bisa sampai 75 ribu kan? Berarti kalau hanya 55 ribu tidak cukup untuk membuatnya penuh, 20 ribu lagi ke mana?" ucapnya disambut tawa para media.

"Kami punya beberapa pemain dari Liga Jepang yang punya pengalaman bermain di depan puluhan ribu penonton, tapi ini akan jadi pengalaman yang berbeda. Tentu saja mereka akan merasakan tekanan dan stres, tapi itu normal."

"Jika mereka ingin menjadi pemain internasional di masa mendatang maka ini akan jadi pengalaman berharga dan ini bisa jadi motivasi yang tinggi untuk semua pemain di dalam tim."

Waspadai Kubo, "Lionel Messi" dari Jepang

Kubo jadi salah satu pemain Jepang U-19 yang wajib diwaspadai Timnas U-19. Maklum saja, Kubo memiliki kualitas permainan yang sehebat julukannya, yakni Lionel Messi dari Jepang. Tak hanya julukannya saja, Kubo juga didukung dengan kualitasnya yang pernah merumput di kancah sepak bola Eropa. Ya, pada periode 2011-2015, Kubo diketahui sempat menimba ilmu sepak bola bersama klub raksasa La Liga Spanyol, Barcelona.
9-Takefusa Kubo. "Messi" dari Jepang.
Berikut prediksi line-up Jepang untuk menghadapi timnas U-19 Indonesia:

Jepang U-19 (4-4-2): 12-Kosei Tani, 2-Shunki Higashi, 15-Ayumu Seko, 4-Daiki Hashioka, 5-Yukinari Sugawara; 18-Koki Saito, 7-Hiroki Ito, 8-Kanya Fujimoto, 14-Yuta Goke; 11-Kyosuke Tagawa, 9-Takefusa Kubo

Pelatih: Masanaga Kageyama

Indonesia U-19 (4-2-3-1): 1-Muhammad Riyandi; 13-Rachmat Irianto, 18-Indra Mustafa, 20-Asnawi Mangkualam, 11-Firza Andika; 7-Luthfi Kamal, 17-Syahrian Abimanyu; 15-Saddil Ramdani, 8-Witan Sulaeman, 14-Feby Eka Putra; 19-Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Pasukan Garuda Nusantara selangkah lagi bisa mewujudkan mimpinya untuk lolos ke Piala Dunia U-20 jika bisa melaju ke semi final Piala Asia U-19 2018. Bila bisa memenangkan laga tersebut, Timnas U-19 dipastikan akan mendapat jatah tiket otomatis ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

0 Response to "Jepang U19 Siap Hadapi 12 Pemain Indonesia U19 Malam Ini"

Post a Comment