Pendaftaran CPNS 2020 26 September 2020 di sscn.bkn.go.id Ada Buat Lulusan SMA/K Juga

Pendaftaran CPNS 2018 26 September 2018 di sscn.bkn.go.id Ada Buat Lulusan SMA/K Juga

Penerimaan CPNS 2018 by sscn.bkn.go.id

Pendaftaran perekrutan CPNS tahun 2018 akan dimulai secepat-cepatnya tanggal 26 September 2018 dan pendaftaran dilakukan sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN. 

Bagi warga negara Indonesia yang ingin mengetahui syarat, tata cara, kuota di masing-masing instansi, dan melakukan pendaftaran mengikuti seleksi CPNS 2018 dikelola secara terintegrasi oleh BKN pada situs sscn.bkn.go.id.

1. Persyaratan Umum Penerimaan CPNS 2018 & sscn.bkn.go.id

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 26 September 2018 dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2018.
  3. Sehat jasmani, rohani serta tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA), yang dibuktikan dengan surat keterangan NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat.
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  8. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Persyaratan Khusus Penerimaan CPNS 2018 sscn.bkn.go.id

Bagi pelamar jenis formasi putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) berlaku persyaratan khusus sebagai berikut.
  1. Pelamar lulus S1/D-IV dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga Perguruan Tinggi Negeri atau swasta yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun ijazah dikeluarkan.
  2. Pelamar lulus S1 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya (setara dengan cumlaude) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
  3. Bagi pelamar jenis formasi umum, penyandang disabilitas, dan Putra/putri Papua dan Papua Barat berlaku persyaratan khusus berikut:
  4. Mendapatkan ijazah D-III atau S1/D-IV dari Perguruan Tinggi dan program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), atau mendapatkan penyetaraan ijazah D-III atau S1/D-IV dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri;
  5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) D-III atau S1 paling rendah 2,75 (dibuktikan dengan transkip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan).
Beberapa K/L/D menetapkan nilai TOEFL sebagai salah satu syarat bagi calon peserta seleksi CPNS 2018. Berikut di antaranya:

Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan nilai TOEFL sebagai salah satu persyaratan pelamaran. Untuk semua jabatan di Kementerian ESDM, disyaratkan melampirkan TOEFL ITP/Paper Based TOEFL/TOEFL Prediction yang masih berlaku. Periode penerbitan TOEFL dikeluarkan pada tanggal 19 September 2016 - 10 Oktober 2018. Minimal skor TOEFL adalah 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/TOEIC 405/IELTS 5.5). Namun, untuk jenis formasi putra/putri Papua atau Papua Barat dan penyandang disabilitas tidak perlu melampirkan TOEFL ITP/Paper Based TOEFL/TOEFL Prediction.

Kementerian Luar Negeri

Kemenlu juga menetapkan TOEFL menjadi salah satu syarat khusus bagi pelamar. Bagi pelamar jabatan diplomat disyaratkan untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan. Penguasaan ini dibuktikan melalui nilai TOEFL sebesar 550 (lima ratus lima puluh) atau IELTS sebesar 6.5 (enam titik lima). Sedangkan untuk bahasa anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lainnya seperti Arab, China, Rusia, Perancis dan/atau bahasa asing lain (Jerman dan Jepang) dibuktikan dengan nilai tes bahasa yang setara dengan nilai TOEFL 550.

Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Badan Kepegawaian Negara menentukan syarat TOEFL bagi pelamar. Nilai TOEFL yang ditetapkan bagi pelamar adalah 450. Seperti diketahui, BKN menyediakan 29 jabatan teknis untuk 170 formasi pada seleksi CPNS 2018. Sedangkan jurusan yang dibutuhkan antara lain, S1 Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Hukum, Administrasi Negara, Administrasi Publik, Psikologi, Ilmu Statistik, Ilmu Pemerintahan, Ekonomi, Manajemen, dan Komunikasi. Untuk lulusan S2, dibuka untuk jurusan Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen SDM, Administrasi Negara,Kebijakan Publik, Psikologi Industri dan Organisasi, Hukum, dan Komunikasi.

Kementerian BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyaratkan pelamarnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan melalui sertifikat. Nilai minimal yang tertera pada sertifikat ini sebagai berikut: a. Nilai TOEIC minimal 475. b. Nilai TOEFL Paper minimal 450. c. Nilai TOEFL CBT minimal 150. d. Nilai TOEFL IBT minimal 53. e. Nilai IELTS minimal 5. Sertifikat tersebut diterbitkan dari lembaga internasional atau lembaga bahasa perguruan tinggi atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris (sertifikat resmi maupun sertifikat prediction test dapat diterima). Tanggal penerbitan sertifikat setelah tanggal 31 Agustus 2016. Persyaratan kemampuan Bahasa Inggris ini tidak berlaku bagi pelamar dengan ijazah S1 perguruan tinggi luar negeri.

Kemenpan RB

Bagi pelamar formasi umum di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nilai TOEFL menjadi salah satu syarat. Pelamar minimal memiliki skor TOEFL 450, yang diperoleh dalam dua tahun terakhir. Sedangkan, pelamar formasi cumlaude, minimal skor TOEFL (diperbolehkan TOEFL Prediction) 450 atau skor IELTS minimal 5.0, yang diperoleh dalam waktu dua tahun terakhir. Bagi jenis pelamar disabilitas, pelamar diwajibkan memiliki skor TOEFL (diperbolehkan TOEFL Prediction) minimal 450 atau nilai IELTS minimal 5.0, di mana diperoleh dalam dua tahun terakhir. Untuk pelamar formasi khusus Papua dan Papua Barat, minimal memiliki skor TOEFL (diperbolehkan TOEFL Prediction) minimal 400 atau skor IELTS minimal 4.5, diperoleh dalam dua tahun terakhir.

Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menetapkan kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil tes kemampuan vahasa Inggris yang sekurang-kurangnya masih berlaku sampai Oktober 2018. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL ITP, skor minimal 53 untuk IBT (Internet Based Test), dan skor minimal 405 untuk TOEIC.

Alur Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id

Kemenkumham Paling Banyak Merekrut CPNS Lulusan SMA

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan kesempatan kepada warga negara Indonesia (WNI) untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Total, Kemenkumham membuka lowongan sebanyak 2.000 formasi.

Dari jumlah tersebut, formasi terbesar dikhususkan untuk luluan SLTA sederajat sebanyak 878 orang. Terdiri dari 211 wanita, 633 pria, putra putri Papua wanita berjumlah 8 orang, dan putra putri Papua pria sebanyak 26 orang.

Formasi seleksi CPNS tersebut nantinya akan menempati posisi sebagai penjaga tahanan atau sipir, Rutan serta Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim). Persyaratan yang dibutuhkan bagi para pelamar lulusan SLTA sederajat yang terdaftar di Kemenkumham memiliki nilai minimal pada ijazah rata-rata 7,0 atau 70.

Usia pelamar CPNS 2018 dengan formasi SLTA sederajat di Kemenkumham minimal dari 18 tahun hingga maksimal 28 tahun. Sementara, tinggi badan untuk mereka yang melamar menjadi pejaga tahanan, pria minimal 160 sentimeter, sedangkan wanita minimal 155 sentimeter.

Polri Buka 559 Formasi CPNS

Berdasarkan Pengumuman Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor Peng/4/IX/KEP./2018 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Polri T.A. 2018 dan Rencana Penempatan, terdapat persyaratan khusus terkait formasi umum Polri, di antaranya soal usia, minimal 21 tahun dan maksimal 35 tahun per tanggal 1 Desember 2018. 

Polri membutuhkan 559 formasi CPNS, dengan rincian 56 untuk lulusan cumlaude, 11 untuk disabilitas, 16 untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, serta 476 untuk pendaftar umum.

Sementara itu, untuk lowongan CPNS di Polri, terdapat empat tahap lain setelah tiga seleksi di atas, yaitu pemetaan/pemeriksaan kesehatan, pemetaan psikologi, pemetaan kesamaptaan jasmani, dan penelusuran mental kepribadian (PMK).

Beranda Pendaftaran CPNS 2018 sscn.bkn.go.id

Tahapan Seleksi CPNS 2018

Proses seleksi dilaksanakan dalam tiga tahap. Untuk tahap pertama adalah seleksi administrasi, dilaksanakan bagi pelamar yang telah memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran.

Tahap kedua adalah seleksi kompetensi dasar (SKD), dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sedangkan untuk tahap ketiga adalah seleksi kompetensi bidang (SKB), dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan (MP) seleksi kompetensi dasar (SKD). Cakupan materi SKB meliputi Tes Literasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, Tes Penalaran dan Pemecahan Masalah, Tes Dimensi Psikologi, dan Wawancara dan/atau Unjuk Kerja.

Panduan Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id

  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id. dengan memilih menu Registrasi, kemudian mengisikan:
  3. NIK (Nomor Induk Kependudukan),
  4. Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga,
  5. Alamat email aktif,
  6. Password untuk akun portal SSCN,
  7. Unggah pasfoto berlatar belakang merah, dengan ukuran minimal 120 kb, maksimal 200 kb, dalam format .jpg atau .jpeg. Selanjutnya pelamar wajib mencetak Kartu Informasi Pelamar CPNS 2018.
  8. Pelamar melakukan login ke portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id) dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Kemudian mengunggah (upload) foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Pelamar CPNS 2018 agar dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  9. Pelamar melengkapi biodata, memilih instansi (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jenis formasi), jenis formasi, pendidikan dan jabatan yang akan dilamar. Setelah itu pelamar wajib mengunggah dokumen persyaratan yang meliputi:
  10. KTP;
  11. pasfoto dengan latar belakang merah, berukuran minimal 120 kb, maksimal 200 kb, dalam format .jpg atau .jpeg.
  12. Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018.
ANTARA Foto

Belum ada Komentar untuk "Pendaftaran CPNS 2020 26 September 2020 di sscn.bkn.go.id Ada Buat Lulusan SMA/K Juga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel