Liga Indonesia 2018 Dihentikan, Persib Terancam Sanksi Administrasi Sampai Diskualifikasi

Liga Indonesia 2018 Dihentikan, Persib Terancam Sanksi Administrasi Sampai Diskualifikasi 

Liga Indonesia Dihentikan Sementara | Foto : www.instagram.com/macanpersija/

Suporter Persija, Haringga Sirila, meninggal setelah dikeroyok oknum berbaju suporter Persib Bandung jelang laga pekan ke-23 Liga 1 2018, Minggu 23 September 2018. 

PSSI akan segera memberikan sanksi kepada Persib Bandung sebagai tuan rumah. PSSI masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan Komisi Disiplin PSSI.

"PSSI tidak bisa memutuskan suatu persoalan secara sepihak. Sebab, dalam organisasi itu ada Komdis. Jadi, nanti Komdis akan segera sidang, tetapi Ketum PSSI dan Exco dapat memberikan rekomendasi ke Komdis," kata Edy Rahmayadi dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).

"Rekomendasi sudah dibicarakan dan ada aturan main. Ada hukuman paling rendah berupa sanksi finansial sampai tingkat diskualifikasi bisa sampai ke sana hukumannya," tegas Edy.

"Saya lebih baik salah mengambil keputusan, tetapi tidak menghukum pihak yang tidak bersalah. Jangan sampai mengambil keputusan dengan emosional, supaya dibilang hebat, akan tetapi malah saya menghukum pihak yang tidak bersalah," ujar Edy Rahmayadi.
Setelah melakukan penyelidikan, Komisi Disiplin nantinya akan membawa kasus ini ke sidang Komisi Disiplin. PSSI pun kini berburu dengan waktu yang ditetapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga yakni dua pekan.

Menpora Hentikan Liga 1

Menpora Imam Nahrawi memutuskan menghentikan seluruh kegiatan Liga Indonesia selama dua pekan sebagai buntut meninggalnya suporter di laga Persib Bandung vs Persija Jakarta.


"Seluruh masyarakat tentu berduka cita mendalam kepada keluarga almarhum semoga amal dan ibadah almarhum diterima dan keluarga diberi ketabahan, kesabaran, sekaligus rela melepas kepergian almarhum. Kami betul-betul memahami duka bundanya, keluarga besar, dan teman-teman," kata Imam di halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (25/9/2018).


"Dalam hal ini dalam pemerintah setelah dapat laporan dari berbagai pihak dan BOPI sudah melakukan pertemuan, pemerintah meminta liga sepakbola dihentikan sementara selama dua pekan," tambah dia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menegaskan bahwa keputusan untuk menghentikan kompetisi sepak bola Tanah Air selama dua minggu yang ditetapkan pada Selasa (25/9/2018), bukanlah bentuk intervensi pemerintah kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).


Imam menyebut kejadian ini bukan lagi sekadar persoalan sepak bola, melainkan telah menjadi peristiwa kemanusiaan bangsa. Karenanya, Imam menegaskan bahwa sudah tugasnya sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk mengurusi olahraga Indonesia yang tengah mengalami masalah agar bisa kembali kepada kaprahnya.

"Ini sudah menjadi tragedi nasional, maka saya sebagai penganggung jawab olahraga tidak akan diam. Ini bukan intervensi, tapi undang-undang memberikan mandat kepada saya untuk bertanggung jawab terhadap sistem keolahragaan nasional," ujar Imam di kantor Kemenpora.

APPI, BOPI Sampai Ketua PSSI Mendukung Penghentian Liga Oleh Menpora

Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), mengeluarkan sikap untuk kompetisi dihentikan sementara waktu hingga nota damai tercapai oleh para suporter. 

"PSSI hentikan sementara Liga 1 senior dalam pertandingan putaran kedua, sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan," ucap Edy dalam konferensi pers malam ini.


0 Response to "Liga Indonesia 2018 Dihentikan, Persib Terancam Sanksi Administrasi Sampai Diskualifikasi"

Post a Comment