4 Profesi Manusia Perlahan Terancam Punah Tergantikan Teknologi

persibpersija.com - Profesi Manusia Perlahan Hilang Tergantikan Teknologi

Kecanggihan teknologi yang berkembang sangat pesat dapat membuat profesi manusia perlahan hilang. Profesi manusia perlahan hilang tergantikan teknologi bukan hal yang mustahil di masa yang akan datang. Profesi manusia yang terancam hilang tergantikan oleh teknologi antara lain :

Teller/Cashier

Profesi Teller dan Cashier

Profesi ini sudah mulai tergusur oleh kecanggihan teknologi. Belakangan ini, perbankan sudah banyak menggunakan Automatic Teller Machine (ATM) yang mana setor dan tarik tunai uang bisa di mesin ATM realtime 24 jam tanpa perlu ke bank. Praktis dan simpel, memangkas rantai inefisiensi waktu dan cost operasional perbankan juga nasabah.

Mesin Automatic Teller Machine (ATM) Mesin Setor/Tarik Tunai

Cashier minimarket, cashier pintu gerbang tol, sampai cashier pintu gerbang parkir misalnya, perlahan tapi pasti kemungkinan besar akan tergusur oleh autopilot (mesin tanpa awak/manusia). Tahu kan kalau sekarang lagi gencar gencarnya uang elektronik (e-money)? Nah, dengan uang elektronik (e-money), tidak perlu lagi ada cashier yang bertugas untuk menerima uang tunai atau memberikan kembalian (jika ada kembalian). Penggunaan uang elektronik pun sangat mudah, cukup tempel (tap) atau gesek (swip) kartu uang elektronik (e-money) ke mesin Electronic Data Capture (EDC).

Uang Elektronik (E-Money)

Di Jepang, belanja ke vending machine adalah pemandangan sehari-hari. Itu loh, alat berjualan tanpa manusia. Jadi, cukup masukan uang atau uang elektronik (e-money) ke vending machine, produk yang kita beli akan keluar dengan sendirinya.

Vending Machine

Loper Koran

Loper Koran

Jelas, karena produk koran dan majalah saja sudah tergusur oleh website, blog dan aplikasi berita online di playstore, windows dan ios. Jika koran dan majalah sudah berkurang peminatnya, penjual koran pun hilang perlahan.

Dokter

Dokter Wanita

Apa iya profesi bergengsi ini akan hilang tergantikan oleh teknologi? Kemungkinannya sangat besar. Setidaknya profesi dokter bisa menyusut. Bukan tidak mungkin untuk mengobati penyakit ringan, suatu saat nanti ada aplikasi (software) otomatis pendeteksi gejala penyakit lengkap dengan resep obatnya. Manusia tinggal menggunakan sensor pada smartphone yang sudah terinstal aplikasi khusus kesehatan. Misalnya suatu saat nanti ada aplikasi mydoctor. Untuk mengobati demam pada anak misalnya, orangtua tinggal mendekatkan sensor pada smartphone ke tubuh anak, maka aplikasi mydoctor bekerja mendiagnosa kondisi tubuh, suhu tubuh sampai merekomendasikan resep obat yang tepat. Wow, mungkin? Mungkin saja. Jikapun tidak untuk masyarakat umum, bisa saja aplikasi ini dibuat terbatas khusus untuk para dokter, yang berguna untuk mempercepat atau mengefektifkan waktu pemeriksaan oleh dokter ketika banyak pasien.

Pengemudi Becak

Pengemudi Becak

Mayoritas penduduk Indonesia yang malas jalan kaki dan sudah memiliki motor, membuat profesi pengemudi becak semakin terpinggirkan. kalaupun masih ada, becak hanya dipergunakan untuk rekreasi masyarakat. 

Pilot

Kapten Pilot

Lagi lagi profesi bergengsi ini masa iya bisa hilang digantikan teknologi? Bisa. Sudah dengar pesawat tanpa awak? Ya, itulah pesawat tanpa pilot. Pesawat otomatis dan atau bisa dikendalikan dari jarak jauh. Canggih bukan? Walaupun saat ini hanya terdapat pada pesawat tempur.

Pesawat Tanpa Awak

Itulah profesi manusia yang terancam tergantikan kecanggihan teknologi. Kalaupun tidak punah, profesi tersebut diprediksi semakin sedikit dikerjakan oleh manusia. 

0 Response to "4 Profesi Manusia Perlahan Terancam Punah Tergantikan Teknologi"

Post a Comment