Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia : Mereka Kembali

Review Film | persibpersija.com - Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia


Tahun 90'an, film film perjuangan ketika Indonesia memperjuangkan kemerdekaan wajib diputar di stasiun televisi swasta, atau setidaknya diputar di stasiun televisi pemerintah, yaitu TVRI. Pemutaran film film perjuangan kemerdekaan Indonesia ini sangat berdampak positif untuk generasi muda agar mengetahui sejarah bangsanya. Pemutaran film film perjuangan kemerdekaan Indonesia biasanya diputar diawal bulan Agustus sampai menjelang hari H, 17 Agustus. Sayang sekali, belakangan ini film film heroik yang mengajarkan nasionalisme sudah tidak lagi wajib diputar. Padahal, film film legendaris lainnya seperti Warkop DKI (Dono Kasino Indro) masih sesekali diputar oleh stasiun televisi swasta.

Buat mengobati rasa rindu dan mengenalkan generasi milenial agar tidak menjadi generasi micin alay, apalagi generasi mabok dan narkoba, mending kita nonton film film perjuangan kemerdekaan Indonesia sehingga dalam mengisi kemerdekaan kita bisa melakukan kegiatan kegiatan positif untuk menghargai cucuran darah para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia.

Kita mulai dari :
Tonton Streaming Full HD/HQ : Mereka Kembali

Mereka Kembali (1972)

Pasukan Siliwangi diperintahkan kembali ke Jawa Barat. Perjalanan pulang sejauh sekitar 450 Km, jalan kaki pula dan memakan waktu sekitar dua bulan (menurut berapa referensi), sungguh luar biasa. Apalagi diperjalanan pulang itu harus menghadapi serangan penjajah Belanda.
Film ini diawali dengan sekumpulan tentara Siliwangi yang sedang mandi bersama di sungai. Tentara yang mandi itu kemudian bersiaga setelah mendengar tembakan yang ternyata serangan dari tentara Belanda. Untuk sinematografi pada masa itu dengan berbagai keterbatasan teknologi sampai dana pembuatan film, adegan pertempuran yang digambarkan cukup baik. Baku tembak di Maguwo sangat seru.
Tentara Siliwangi awalnya harus hijrah ke Yogyakarta meninggalkan Jawa Barat akibat perjanjian Renville, 18 Januari 1948. Mereka hijrah membawa keluarga mereka. Belanda kemudian membatalkan Perjanjian Renville dengan menyerang Yogyakarta pada 19 Desember 1948. Panglima Besar Jendral Sudirman akhirnya memerintahkan: Perintah Siasat Nomor 1, yang intinya Pasukan Siliwangi harus segera kembali ke Jawa Barat.

Pasukan Siliwangi kembali dan ada yang membawa keluarga mereka membuat cerita menjadi dramatis. Romantis sekaligus tragis, ada seorang tentara yang mengikutsertakan istri yang sedang hamil tertembak pesawat mustang tentara penjajah Belanda. Tentara itu meraih senjatanya dan mencoba menembaki pesawat mustang itu dan akhirnya ia sendiri justru tertembak dan gugur di samping istrinya.


Lalu bagaimana lanjutannya? Tonton saja deh. Cuma 2 jam 3 menit. Biar kita bisa mengingat begitu besarnya jasa para pahlawan. Baru nonton? Berarti generasi kelahiran tahun 2000 an ya..

2 Komentar untuk "Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia : Mereka Kembali"

Unknown mengatakan...

niche

Eko Jr mengatakan...

bagus film perjuangan yang bagus
kalo gak salah cerita tragedi siliwangi..

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel