Cara, Syarat, Tempat Membuat NPWP

Cara, Syarat, dan Tempat Membuat NPWP untuk Anministrasi

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban yang berkaitan dengan perpajakan.
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib dimiliki warga Indonesia, baik itu perorangan maupun badan usaha. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ini dijadikan sebagai sarana administrasi perpajakan atau acuan untuk membayar pajak, dan belakangan ini menjadi persyaratan sejumlah pelayanan umum, seperti pengajuan kredit, pembuatan paspor, melamar pekerjaan, dan sebagainya.

Syarat seseorang dinyatakan sebagai Wajib Pajak (WP) adalah telah mempunyai penghasilan dalam satu tahun yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).



Berkas yang wajib dipersiapkan saat membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) :

Wajib Pajak (WP) Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP (Warga Negara Indonesia/WNI)
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) (Warga Negara Asing/WNA).

Wajib Pajak (WP) Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP (Warga Negara Indonesia/WNI).
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) (Warga Negara Asing/WNA).
  • Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) minimal setingkat Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik/bukti pembayaran listrik.
  • Surat pernyataan di atas materai bahwa WP benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.
Wajib Pajak (WP) Pribadi wanita kawin yang ingin hak dan kewajiban perpajakannya terpisah
  • Fotokopi Kartu NPWP suami.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.
Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) : Rp. 54 juta per tahun atau Rp. 4,5 juta per bulan (berlaku sejak Januari 2016)

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Cara Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Pribadi 


1. Datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dari tempat Anda berdomisili dengan membawa berkas persyaratan seperti diatas. Jika alamat domisilinya berbeda dengan yang tertera di KTP, persiapkan surat keterangan tempat tinggal (domisili) dari kelurahan tempat Anda berdomisili.
Semua dokumen persyaratan difotokopi, kemudian lengkapi dengan formulir pendaftaran Wajib Pajak yang sudah diisi dengan benar dan lengkap serta ditandatangani.
Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu NPWP adalah satu hari kerja, dan tidak dipungut biaya (gratis). Kartu NPWP akan dikirim ke alamat Anda melalui Pos.

2. Melalui Jasa Pos atau Ekspedisi

Jika lokasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terlalu jauh dari tempat Anda? Anda bisa mendatangi kantor pos atau jasa ekspedisi terdekat. Di sana Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran sekaligus mengirimkannya dengan melampiri dokumen persyaratan yang telah Anda siapkan.

0 Response to "Cara, Syarat, Tempat Membuat NPWP"

Post a Comment