Bonek Aremania Viking Persib The Jakmania Kita Bersaudara Satu Indonesia

Berita Persib Persija | persibpersija.com - Dirgahayu HUT Republik Indonesia Ke-73

Kelompok suporter di seluruh Indonesia harus meninggalkan tradisi buruk fanatisme tanpa batas. Fanatik boleh, tetapi ada batasnya. Batasnya adalah norma kemanusiaan. Diatas kepentingan kelompok suporter, ada kepentingan yang lebih tinggi, yaitu keutuhan Republik Indonesia.

Jika fanatisme tanpa batas terus menerus berlanjut, berapa banyak lagi korban jiwa yang harus mati sia sia? Saling nyinyir di media sosial, saling mencaci dengan yel yel, sampai tawuran antar kelompok suporter adalah fanatisme yang salah. Fanatisme yang benar adalah dengan cara membeli tiket dan merchandise resmi (official) tim kebanggaan kita. Duduk manis sembari sesekali mengikuti koreografi di stadion sambil menyanyikan yel yel yang memotivasi tim lebih bermanfaat untuk pemain tim kebanggaan kita, bukan justru saling ejek antar suporter yang menambah dosa dan berpotensi memicu terjadinya tawuran. Sejatinya sepakbola di Indonesia berdasarkan sejarahnya adalah untuk persatuan dan kesatuan Bangsa. Jika sering hujat dan tawuran antar kelompok suporter, maka keutuhan Republik Indonesia bisa terancam.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-73
Meskipun yang berbuat negatif itu adalah oknum, tetapi jika dibiarkan maka akan berdampak luas. Apalagi di stadion juga banyak anak anak kecil. Jadikan stadion sebagai tempat hiburan keluarga sekaligus menyalurkan hobi menonton sepakbola. Jangan sampai ada lagi korban jiwa gara gara kekonyolan akibat tawuran antar kelompok suporter. Kita bersaudara satu nusa satu bangsa satu bahasa satu Indonesia. Kakek nenek moyang kita dahulu mengorbankan harta, jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia. Kita sebagai generasi keturunannya yang menikmati kemerdekaan hasil cucuran darah para pejuang seharusnya bersyukur dengan mengisi kemerdekaan melakukan kegiatan kegiatan positif. 

Bonek, Aremania, Viking Persib dan The Jakmania sudah dewasa. Kita jangan seperti anak kecil yang berkelompok (geng geng-an) dan saling membalas dendam. Kita sudah dewasa. Kedewasaan kita akan membuat kemajuan bagi persepakbolaan di Indonesia. Setidaknya, untuk klub kebanggaan kita.

17 Agustus 2018 adalah HUT Republik Indonesia Ke-73. Ayo kita bersama sama jaga keutuhan Negara Republik Indonesia. Mari kita sama sama berkomitmen bahwa kita bersaudara satu Indonesia. Maka semoga tidak ada lagi (setidaknya berkurang sedikit sedikit) nyanyian rasis saling mencela dengan yel yel dan jangan ada lagi kericuhan kerusuhan tawuran antar kelompok suporter.

Selamat ulang tahun ke-73 Indonesia. Kita doakan para pejuang kemerdekaan pendahulu kita semoga diterima amal ibadahnya dan diampuni segala kesalahannya. Aaaamiiin.. (Al fatihah.. *untuk yang muslim.)

Arief Rahmat Pamungkas
Admin persibpersija.com

0 Response to "Bonek Aremania Viking Persib The Jakmania Kita Bersaudara Satu Indonesia"

Post a Comment