Gaji CPNS

Berita CPNS | Gaji CPNS |  Gaji CPNS

Gaji Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)


Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai negeri adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)


Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

Ketika sudah berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), kompetensi dan kinerja mereka dinilai berdasarkan formasi di saat mereka dinyatakan lulus seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jika mereka belum memenuhi kriteria penilaian tahap kedua, status calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu. Jika belum juga bisa memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, mereka dinyatakan gugur atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).


Gaji Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Gaji Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah 80% dari gaji pokok.

Persyaratan Umum Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan hukuman pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat (PTDH) sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH) sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang terbaru dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Bagi Pria tidak bertato dan tidak ada bekas tato kecuali disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.. untuk Wanita tidak ada bekas tindik pada anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
Persyaratan Khusus Nilai Kelulusan Calon Peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 belum tersedia. 

Sementara itu berikut ini adalah Persyaratan Khusus Nilai Kelulusan Calon Peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 Sipir Kemenkumham sebagai referensi untuk persiapan bagi Anda yang mau ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) :

  1. Sekolah Menengah Atas (SMA)/SLTA Sederajat dengan nilai minimal pada ijazah rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer). 
  1. Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri dari Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada ijazah rata-rata 6,0 (enam koma nol) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer).
  2. Usia minimal 18 tahun dan Maksimal 28 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk lulusan SMA/SLTA,
  3. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma II/D-III dan SMA/SLTA Sederajat yang mendaftar pada Kantor Wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP. Apabila pelamar yang domisilinya tidak sesuai dengan KTP dan ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 (satu) tahun pada wilayah tersebut.
Tahapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 belum tersedia.

Berikut ini adalah tahapan seleksi calon pegawai negeri (CPNS) 2017 sebagai referensi bagi Anda yang mau ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) :

Seleksi Administrasi terdiri dari :

– Verifikasi dokumen lamaran yang diterima melalui PO. BOX

– Verifikasi dokumen asli dan Pengukuran tinggi badan

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) terdiri dari :

– Kesamaptaan dengan bobot 50%.

– Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dengan bobot 50%.


Persyaratan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari jenjang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)


Sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), mereka diwajibkan memenuhi beberapa kriteria di bawah ini:

  • Mengikuti diklat prajabatan, dan memiliki sertifikat yang menyatakan kelulusan mereka dalam kegiatan tersebut.
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah.
  • Pencapaian daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) dengan predikat nilai minimum yang telah ditentukan.

Setelah memenuhi kewajiban diatas yang berupakan tes seleksi tahap ketiga, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan mendapatkan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan gaji 100% setelah menerima SK PNS sebagai pengganti SK CPNS yang telah mereka miliki sebelumnya. Berdasarkan ketentuan pada undang-undang nomor 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian, sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 43 tahun 1999 menyatakan bahwa Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah menjalani masa percobaan sekurang-kurangnya 1 tahun dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah memenuhi kewajiban dan persyaratan yang telah ditentukan.





0 Response to "Gaji CPNS"

Post a Comment